SAMBUTAN KETUA UMUM GEREJA MISI INJILI INDONESIA (GMII)
DALAM RANGKA HUT GMII KE-35,
Tgl. 30 November 2019

Yang saya kasihi seluruh Pendeta, Penatua. Diaken. Majelis Jemaat, dan Anggota Jemaat, serta semua Simpatisan GMII di seluruh Indonesia dan di Luar Negeri.

Pertama-tama marilah kita memuliakan Allah Bapa kita, karena hanya oleh anugerah-Nya. kita boleh merayakan Hari Ulang Tahun gereia kita (GMII) yang ke-35 (tgl. 30 November 2019). Marilah kita bersama-sama memuliakan Allah kita di dalam Tuhan Yesus, dengan mengucapkan bersama-sama Roma 11:36.

“sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!”

Selanjutnya, atas nama Majelis Harian Sinode (MHS) saya berterima kasih kepada seluruh Majelis Jemaat, Penatua, dan Diaken, serta semua anggota jemaat atas dukungan kepada para Pendeta sebagai Gembala Jemaat, dan juga atas dukungan kepada Majelis Harian Sinode (MHS) sehingga sampai hari ini GMII secara keseluruhan boleh terus melaksanakan

Amanat Agung Tuhan Yesus. baik melalui pengutusan misionaris ke Luar Negeri (ke Kyrgyzstan dan ke India Utara), di dalam Negeri (di beberapa daerah sulit). Maupun penggembalaan dan pemuridan dijemaat lokal masing-masing.

Bpk/lbu dan semua Saudara yang saya hormati dan kasihi di dalam Tuhan Yesus Kristus. Pada tgl. 30 November 2019 ini. GMII telah berusia 35 tahun. Dan dalam 1 tahun terakhir ini ada banyak perkara yang Tuhan telah kerjakan untuk GMII. Satu di antaranya yang patut kita syukuri di Hari Ulang Tahun ke-35 ini, yaitu GMII telah diterima sebagai Anggota PGI ke-90 pada Sidang MPL-PGI di Cisarua Bogor tgl. 28-31 Januari 2019, dengan SK MPH-PGI Nomor 004/PGI-XVI/SKEP/2019. yang ditetapkan di Cisarua, pada tgl. 31 Januari 2019. Dan dengan diterimanya GMII sebagai Anggota PGI ke-90, untuk pertama kalinya GMII boleh mengikuti Sidang Raya PGI pada tgl. 8-13 November 2019 di Waingapu-Sumba Timur. Ini adalah suatu hak istimewa di mana GMII boleh mengutus utusannya sebanyak 9 Pendeta (5 Utusan dan 4 Peninjau) untuk mengikuti salah satu Pertemuan Gereia-gereja Terbesar di Indonesia. Terpujilah Kristus, Kepala Gereja.

Sebagai anggota PGI, ada dua informasi penting yang perlu kita ketahui. Yang pertama. sebagai anggota PGI, GMII harus turut terlibat aktif di dalam rnewujudkan ‘Keesaan Gereja,’ sebagaimana dijelaskan dalam “DKG (Dokumen Keeasaan Gereja) PGI.”, GMII memang sudah mempunyai Visi-Misi. Namun sebagai anggota PGI kita juga harus menambahkan kepada Visi-Misi kita. yaitu mewujudkan ‘Keesaan Cereja’

Yang kedua, saya perlu memberi penjelasan kepada seluruh Pendeta, Penatua, Diaken dan anggota Jemaat mengenai isu yang muncul sehubungan dengan “Surat Pastoral PGI mengenai LGBT” pada tahun 2016. MPH-PGI telah memberikan penjelasan pada Sidang MPL-PGI di Salatiga. tgl. 27-31 Januari 2017. Untuk jelasnya saya mengutip sebagian dari Petikan Keputusan Sidang MPL-PGI di Salatiga, antara lain:

“MPH-PGI tidak pernah menyetujui tindakan perilaku seksual yang tidak senonoh, termasuk perilaku heteroseksual yang tidak senonoh. Jadi, bukan hanya masalah sejenis tetapi yang tidak sejenis pun kalau itu tidak senonoh (arti: seks bebas), PGI tidak pernah menyetujuinya;

MPH-PGI memandang perkawinan adalah ranah dari gereja, bukan ranah dari PGl. Jadi PGI tidak pernah berniat untuk mendukung apalagi menyatakan bahwa anggota PGI harus menyetujui pernikahan sejenis.”

Dengan penjelasan ini, saya menghimbau kepada kita semua untuk tidak terpengaruh dengan berita-berita miring yang disebabkan oleh penafsiran yang berbeda dan tidak sesuai maksud dan tujuan Surat Pastoral tersebut.

Yang terakhir saya ingin mendorong semua Pendeta, Penatua, Diaken, Majelis Jemaat, dan seluruh anggota GMII di manapun berada untuk mendukung Sidang Sinode VI GMII yang akan diadakan di kota Sintang – Kalimantan Barat pada tgl. 24-27 Maret 2020.

Mari kita mendoakan Panitia Sidang Sinode 2020 yang bekerja keras mempersiapkan banyak hal, dan marilah kita mendoakan Panitia Ad-Hoc dalam mempersiapkan Draf Tata Dasar (TD) dan Tata Rumah Tangga (TRT) GMII.

Akhirnya, atas nama Majelis Harian Sinode saya ucapkan SELAMAT HARI ULANG TAHUN GMII KE-35 kepada semua Bapak, lbu, dan Saudara-saudara di manapun berada. Tetap semangat memberitakan lnjil di dalam Negeri dan tetap semangat mendukung pengutusan misionaris ke Luar Negeri. Tuhan Yesus memberkati Bapak, Ibu, dan semua saudara. Amin.

Jakarta, 19 November 2019

Pdt. Dr. Jesias Frits Palandi

Ketua Umum

 

 

untuk mendownload silahkan klik link di bawah ini:

Kata sambutan HUT GMII ke-35

Categories: News