Yang saya kasihi seluruh Pendeta, Penatua, Diaken, Majelis Jemaat, dan Anggota Jemaat, serta semua Simpatisan GMII di seluruh Indonesia dan di Luar Negeri. Pertama-tama marilah kita menaikan syukur kepada Tuhan Yesus Kristus, Kepala Gereja. Karena hanya oleh anugerah-Nya kita boleh merayakan Hari Ulang Tahun gereja, kita (GMII) yang ke-34 (tanggal 30 November 2018). Marilah kita bersama-sama memuliakan Allah kita di dalam Tuhan Yesus, dengan rnengucapkan bersama-sama Roma 11:36.

“Sebab sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!”

Selanjutnya, atas nama Majelis Harian Sinode (MHS) saya berterima kasih kepada seluruh Majelis Jemaat, Penatua, dan Diaken, serta semua anggota yang terlibat aktif dalam Komisi-komisi di jemaat lokal, atas dukungan Bpk/lbu kepada para Pendeta dan Majelis Harian Sinode (MHS) sehingga sampai hari ini GMII secara keseluruhan dapat melaksanakan Amanat Agung Tuhan Yesus, baik pengutusan misionaris, maupun penggembalaan dan pemuridan.

Bapak, Ibu, dan semua Saudara yang saya kasihi di dalam Tuhan Yesus Kristus. Pada kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan beberapa dorongan untuk kemajuan GMII sesuai dengan tujuan yang kita sudah sepakati besama, yaitu melaksanakan Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus sebagaimana tertulis dalam Matius 28:19-20.

Pertama, GMII perlu meningkatkan dukungan pengutusan misionaris. Tema tahunan GMII di tahun 2018 ini, sebagaimana sudah terpampang di gedung gereja kita masing-masing adalah: “Beritakanlah Injil Yesus Kristus kepada semua suku”, Kisah 11 dan Roma 15:19b. Tema ini telah kita renungkan sepanjang tahun 2018 ini dengan tujuan supaya kita terus dimotivasi dan didorong untuk selalu memberitakan Injil Yesus Kristus ke semua suku bangsa. Kita bersyukur bahwa GMII sudah mengutus beberapa misionaris baik ke Luar Negeri maupun di dalam Negeri, namun GMII perlu meningkatkan pengurusan misionaris. Peningkatan pengutusan misionaris tidak hanya menambah jumlah misionaris yang diutus, tetapi juga mencakup persiapan calon-calon misionaris yang unggul, dimulai dari Sekolah Tinggi Teologi. Karena itu kita bersyukur bahwa pada tgl. 29 Juli 2016 GMII sudah mendirikan Sekolah Tinggi Teologi Misi Injili Indonesia (STT ‘Misia’) sebagai bagian dari upaya meningkatkan pengutusan misionaris. Namun harus mengakui bahwa dukungan GMII secara keseluruhan kepada STT ‘Misia’ masih kurang. Oleh karena itu dalam rangka HUT GMII yang ke 34 ini, saya mendorong kita semua dalam jajaran GMII untuk mengambil bagian dalam mendukung STT ‘Misia’ dalam wujud dukungan dana. Kita perlu mendukung Sekolah kita ini karena kita perlu misionaris yang terpanggil dan yang benar-benar siap untuk diutus.

Yang kedua, GMII harus ‘menjadi saksi Kristus’ yang baik dan benar di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini. Kita sudah menjadi saksi Kristus yang baik, karena itu kita harus tetap konsisten dan bersemangat, terutama dalam menyongsong Pemilu (Pilpres dan Pileg Serentak) pada tgl. 17 April 2019 mendatang. Menjadi saksi Kristus yang baik dan benar adalah cara memberitakan Injil yang paling efektif.

Tuhan Yesus berkata dalam Matius 5:16 “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” Melalui ayat firman Tuhan ini Tuhan Yesus mengajarkan kepada kita semua sebagai pengikut-Nya supaya kita menjadi terang di depan orang lain. Orang lain harus melihat kita dan perbuatan kita secara transparan. Kita menjadi saksi Kristus yang benar melalui kesaksian hidup kita sendiri. Melalui kesaksian hidup kita yang nyata kepada orang lain, Kristus yang adalah hidup kita boleh dikenal oleh orang lain. Dengan dasar firman Tuhan ini, maka kita para Pendeta GMII, sebagai Gembala, harus menjadi saksi Kristus yang benar bagi semua anggota jemaat. Sebagai jemaat GMII, kita menjadi saksi Kristus yang baik dan benar kepada tetangga-tetangga di mana kita tinggal. Dan kita semua jemaat dan simpatisan GMII secara keseluruhan di Seluruh Tanah Air, supaya kita menjadi saksi Kristus yang benar kepada seluruh masyarakat Indonesia. Tuhan Yesus mengajarkan kepada kita supaya kita menjadi terang bagi masyarakat luas melalui perbuatan kita yang baik, supaya Bapa di sorga dipermuliakan. Karena itu marilah kita wujudkan kebenaran ini di rahun politik ini, dengan menjadi terang. menjadi teladan bagi semua masyarakat Indonesia di mana kita berada.

Akhirnya, atas nama Majelis Harian Sinode saya ucapkan SELAMAT HARI ULANG TAHUN GMII KE-34 kepada semua Bapak. Ibu, dan Saudara-saudara yang mencintai GMII. Tetap semangat memberitakan Injil di dalam Negeri. tetap semangat mendukung pengutusan misionaris ke Luar Negeri, dan jangan absen dalam Pemilu (Pilpres dan Pileg Serentak) pada tgl. 17 April 2019 yang akan datang. Tuhan Yesus memberkati Bapak. Ibu, dan semua Saudara. Amin.

Sei Sawak, Sintang. 1 November 2018

Download PDF

Categories: News