SURAT PEMBERITAHUAN PENUNDAAN SIDANG SINODE VI GMII

No.     : 083/SINODE/GMII-G/III/2020                                           Jakarta, 16 Maret 2020
Lamp : 3 tiga)
Hal     : Pemberitahuan Penundaan Sidang  Sinode VI GMII

Kepada Yth.
Majelis Jemaat GMII Seluruh Indonesia
Di
Tempat

Salam Sejahtera dalam Kasih Tuhan Kita Yesus Kristus,
 
“Sebab Segala sesuatu adalah dari DIA, dan oleh DIA, dan kepada DIA: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya !”  (Roma 11:36)

Bahwa telah terjadi kepanikan global disebabkan epidemi covid:19, bermula dari Wuhan China lalu merebak masif dan cepat ke seluruh dunia tanpa memandang usia, suku dan bangsa hingga sampai ke Indonesia. Majelis Sinode terus mengikuti dengan saksama perkembangan dan secara khusus arahan Kepala Negara dengan kebijakan Social Distance sebagai cara ampuh memutus mata rantai sebaran covid-19 di tengah masyarakat.

Bahwa kebijakan Social Distance oleh Kepala Negara telah diikuti oleh Pemerintah Daerah di mana Persidangan Sinode diselenggarakan:

  1. Surat Edaran Pemerintah Propinsi Kalimantan Barat No: 800/0020/Kesra-B, Tanggal 13 Maret 2020, angka 3 (tiga) dan 5 (lima) berbunyi: tidak melaksanakan atau menunda aktivitas yang melibatkan masyarakat banyak.
  2. Surat Edaran Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang No: 360/117/BPDB-SEK/2020, tanggaL 16 Maret 2020, angka 2 (dua) berbunyi, menangguhkan rencana kegiatan dalam skala daerah/regional/nasional/Internasional yang menghadirkan jumlah orang yang sangat banyak baik di tempat-tempat terbuka maupun di dalam ruangan.
  3. Telah mendapat arahan langsung dari Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI)

Majelis Sinode juga telah menerima Surat dari Panitia Pelaksana Sidang Sinode 2020 No.: 051/SINODE/GMIIPANLAK/III/2020, tanggal 16 Maret 2020 berupa rekomendasi menunda Sidang Sinode oleh karena berbagai pertimbangan. Bahwa GMII sebagai bahagian dari bangsa tidak dapat memikirkan kepentingan dirinya sendiri melainkan harus turut aktif menyokong Pemerintah sebagai Hamba Allah dengan kebijakannya untuk memutuskan mata rantai covid:19 di masyarakat demi kepentingan orang banyak serta keselamatan bangsa. Oleh sebab itu Majelis Sinode dalam rapat tanggal 16 Maret 2020 memutuskan:

  1. MENUNDA rencana Pelaksanaan Sidang Sinode GMII ke VI tanggal 24 s/d 27 Maret 2020.
  2. Pelaksanaan Sidang Sinode GMII ke VI akan dilaksanakan pada tanggal 18 s/d 21 Agustus 2020 di Sintang Kalimantan Barat.

Ini keputusan yang berat dengan segala resiko yang mengikutinya, kita sedang mengalami ujian dan bagaimana menghadapi ujian ini bersama atas pertolongan Tuhan serta komitmen yang kuat pada 5 Tiang Rohani kita guna kemajuan GMII dan untuk kemuliaan Tuhan.

Demikian Pemberitahuan penundaan Sidang Sinode GMII ke VI 2020 ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama yang baik kami mengucapkan terimakasih. Tuhan Yesus Kepala Gereja Memberkati kita.

Salam Kasih dan Doa
MAJELIS SINODE GEREJA MISI INJIL INDONESIA (GMII)

Pdt. Dr. Jesias Frits Palandi                       Pdt. Selvanus Tuhumena S. Th. M.A

Ketua Umum                                                      Sekretaris Umum

Tembusan :

  1. Dirjen. Bimas Kristen Kemenag. RI
  2. Kanwil. Kemenag. Wilayah Kalimantan Barat Up. Bimas Kristen
  3. Kepala Kepolisian RI, Up. Direktur Intelkam-Mabes Polri.
  4. Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Wilayah Kalimantan Barat.
  5. Panitia Pelaksana Sidang Sinode VI GMII.
  6. ArsipKlik disini untuk melihat link surat resmi dari Sinode
Categories: News