Sebagai manusia yang terbatas, sering kali seorang pemimpin jemaat merasa lelah karena menyadari kelemahan-kelemahan yang ia miliki. Ia bisa letih, bahkan merasa gagal dalam menggembalakan umat, berkhotbah, menjalin relasi yang baik dengan sesama pelayan, stres karena tantangan finansial keluarganya, dan bidang kehidupan lainnya. Kelemahan-kelemahan itu mungkin terasa seperti api yang menyala dalam hati, yang membakar batin dan membuat seorang pemimpin rohani menderita.

Sebagai pemimpin, ketika kita merasa gagal karena kelemahan-kelemahan pribadi yang kita miliki tentu tidak mudah. Seakan kita telah melakukan semuanya secara keliru, atau kita mulai berpikir: ternyata memang kita tidak cukup baik, tidak cukup hebat. Lalu muncul pertanyaan-pertanyaan semacam ini, “Mengapa aku tidak bisa menjalankan pelayanan dengan baik? Mengapa aku tidak bisa menarik banyak jiwa datang beribadah di gereja ini? Mengapa aku tidak punya uang sebanyak hamba Tuhan lainnya?” Mungkin kita mengenal pertanyaan-pertanyaan ini. Kita merasa gagal karena kelemahan yang kita miliki, bahkan ketika kita sudah meminta Tuhan mengatasi semua kelemahan yang kita miliki.

Kelemahan yang Membatasi

Bukan saja hamba Tuhan di zaman modern yang merasa memiliki kelemahan. Seorang tokoh masyhur dalam Alkitab seperti Paulus pun pernah mengalami hal yang sama. Teolog dan misionaris terbesar abad pertama Masehi itu pun memiliki kelemahan yang tak bisa dicabut dari dirinya. Paulus menyebutnya sebagai “duri” yang ada dalam dagingnya. Apa pun penafsiran yang ditawarkan mengenai kata “duri” itu sendiri, yang pasti duri tersebut pastilah sesuatu kelemahan manusiawi yang tidak menyenangkan murid Gamaliel itu.

Sesuatu kelemahan yang membatasi Paulus dalam berkarya, bahkan mungkin menantangnya dengan bayangan kegagalan. Dalam pelayanan Paulus, sebagai pemimpin rohani, rasul, pengajar, misionaris, gembala, ia menyadari ada keterbatasan yang ia miliki (2 Korintus 12:7).

Kelemahan yang disebut sebagai duri ini tentu tidak mengenakkan. Bandingkan dengan Bilangan 33:55 (penekanan oleh penulis), “Tetapi jika kamu tidak menghalau penduduk negeri itu dari depanmu, maka orang-orang yang kamu tinggalkan hidup dari mereka akan menjadi seperti selumbar di matamu dan seperti duri yang menusuk lambungmu, dan mereka akan menyesatkan kamu di negeri yang kamu diami itu.” Seperti duri yang menusuk lambung tentu merupakan gambaran dari situasi yang menyakitkan dan menyebalkan. Bagi Paulus dan Anda yang adalah pemimpin rohani, kelemahan yang membatasi ruang gerak dan karya Anda ini tentu bisa dengan mudah kita pahami, bukan?

Duri yang Dibiarkan

Berulang kali Paulus memohon kepada Tuhan agar “duri” itu dicabut, tetapi dalam 2 Korintus 12:9 Tuhan mengatakan, “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.” Ayat ini menjadi salah satu bagian Alkitab yang menantang. Sebab, dengan sengaja Allah membiarkan sesuatu yang menyakitkan hadir dalam diri atau kehidupan seseorang yang beriman kepada-Nya.

Dalam sebuah penafsiran, “duri” ini dimaksudkan untuk mengimbangi “kesombongan” yang mungkin saja dimiliki oleh Paulus. Sehingga, “duri” itu sengaja dibiarkan Tuhan demi menjaga Paulus agar tetap berlaku rendah-hati. Adanya rintangan ini merupakan kehendak Tuhan yang sudah memakai pertimbangan yang matang, bahwa dalam kehebatannya sebagai Rasul, Paulus mungkin saja menjadi pribadi yang sombong. Namun, sekali lagi, ini adalah tafsir. Kita boleh setuju, boleh tidak.

Terlepas dari itu, surat 2 Korintus memang berisi teologi yang paling lengkap dalam Perjanjian Baru mengenai penderitaan orang Kristen. Bahkan, Paulus sendiri setelah mengetahui bahwa rencana Allahlah yang membuat “duri” itu tetap tinggal di dalam dirinya mengatakan bahwa ia terlebih suka bermegah atas kelemahannya, supaya kuasa Kristus turun menaunginya. Karena itu Paulus senang dan rela tinggal di dalam kelemahan, di dalam kesukaran, dan di dalam kesesakan oleh karena Kristus. “Sebab, jika aku lemah, maka aku kuat,” ujar Paulus (ayat 10).

Bagian ini mengajarkan kepada kita sedikitnya dua hal. Pertama, Tuhan tidak menjanjikan kita kesuksesan seumur hidup. Alih-alih sukses menghilangkan “duri,” Tuhan justru mengatakan, “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu.” Cukup berarti jatah berkat dan karunia yang Allah titipkan itu pas, tidak kurang, tidak lebih. Bandingkan dengan perumpamaan talenta dalam Matius 25:14-30. Ada tiga hamba yang masing diberi 5, 2, dan 1 talenta. Takaran itu pas, sesuai dengan kebijaksanaan dan kehendak sang tuan.

Tuhan tidak menjanjikan kita selalu berhasil dalam setiap kesempatan, atau memberikan semua yang menjadi impian kita. Untuk itu, kita diundang untuk merasa cukup dengan apa yang Allah sudah kerjakan dalam hidup dan pelayanan kita, saat ini juga dan di mana pun kita berada. Di saat yang sama kita diajak mewaspadai salah satu akar masalah kehidupan, yaitu “tidak merasa cukup.” Tentu kita ingat Doa Bapa Kami di mana Tuhan Yesus mengajarkan kepada kita untuk meminta kepada Bapa “makanan” atau “rezeki yang secukupnya pada hari ini.”

Dengan berkat yang cukup itu kita didorong untuk memaksimalkan segala potensi hidup kita. Seperti kisah sang tuan yang memberi talenta dalam Matius 25:14-30, ia berkata “Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu” (Matius 25:23). Kisah tentang talenta ini mengajak kita, bahwa dengan apa yang ada pada kita saat ini, baik itu sesuai idealisme kita atau tidak, untuk memaksimalkan semua itu. Kita tidak perlu menunggu “duri” atau kelemahan dalam hidup kita dicabut terlebih dulu, baru memaksimalkan segala potensi kita. Setiap pemimpin rohani diundang untuk melakukan semua yang terbaik dalam keadaannya “saat ini dan di sini,” sebagaimana adanya dia.

Kedua, Allah menguatkan dan menunjukkan kekuatan-Nya melalui keterbatasan manusiawi kita. Ketika Paulus merasa gagal, Tuhan menjawab, “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.” Dari nats ini kita dapat memahami bahwa kegagalan bukan tentang menjadi orang yang lebih kuat, tetapi mempercayai Tuhan yang lebih kuat.

Kegagalan mendorong kita belajar dari para tokoh iman dalam Alkitab yang dalam kegagalan, mereka tetap percaya kepada Allah, dan berbuat terbaik yang mereka bisa lakukan. Sebut saja, Musa, Gideon, Daud, juga Paulus sendiri. Paulus putus asa dalam keinginannya untuk menemukan kelegaan dari beban ia tanggung. Dalam situasi seperti ini, ada dua cara untuk meringankan beban kita: (1) Dengan menghilangkan beban atau (2) Dengan memperkuat bahu yang menanggung beban.

Paulus mengalami cara yang kedua. Ia tahu bahwa kasih karunia Allah sudah cukup. Realitas yang ia hadapi tidak berubah, dan ia tidak bisa mengubahnya. Itu di luar kendalinya. Tetapi menerima kenyataan tersebut, dan tetap berkarya meski Tuhan tidak mencabut duri dari padanya.

Kita pasti pernah dapatkan cobaan yang berat, seakan hidup ini tak ada artinya lagi. Tuhan pasti kan menunjukkan kebesaran dan kuasa-Nya bagi hamba-Nya yang sabar dan tak kenal putus asa. Jangan menyerah, jangan menyerah, jangan menyerah!

Syair di atas adalah penggalan lagu band D’Masiv yang cukup populer di kalangan anak muda Indonesia. Liriknya memberi semangat kepada para pendengar agar tidak menyerah menjalani kehidupan yang penuh tantangan dan kelemahan. Lagu ini tampak relevan juga bagi para pemimpin atau siapa saja yang sedang dilingkupi kegundahan karena kelemahan-kelemahannya membatasi usaha meraih apa yang ia impikan.

Jangan Menyerah!

Budaya zaman ini tampaknya mengidolakan “manusia mandiri” yang dilandasi semangat ingin mengandalkan diri sendiri. Dalam satu sisi mungkin saja semangat ini baik, dalam arti kita tidak mau menggantungkan diri pada orang lain. Tidak mengandalkan hidup pada orang lain. Namun, di sisi lain kita juga perlu mengingat keterbatasan kita sebagai manusia. Kita tidak dapat menerima kekuatan Tuhan sampai kita mengetahui kelemahan kita. Ya, kita tidak dapat menerima kecukupan anugerah Tuhan sampai kita mengetahui kelemahan kita sendiri.

Pada titik ini kita diajak untuk melihat secara jujur keterbatasan kita. Kelemahan, kekurangan kita, dan jika kita sudah menemukannya, kita diajak untuk menata diri, mengatur langkah ke depan, dan tidak pesimis.

Pesimis sama artinya dengan sikap menghadapi suatu keadaan dengan tidak yakin, putus asa, dan hilang harapan. Mungkin saja itu bisa muncul ketika kita mengenali keterbatasan dan kelemahan kita. Realitas ini mungkin membuat kita menyerah dan pesimis, dan merasa sulit melihat kebaikan Allah di balik kesulitan yang dialami. Perasaan dan sikap seperti ini adalah bukti keterbatasan manusia.

Ketika mengetahui ada “duri” yang mengancam kesuksesan kita, bisa saja kita menyerah dan pesimis meski sudah pernah mengalami mujizat dan pertolongan Tuhan di masa lalu. Namun, Paulus tidak menyerah ketika ia tahu “duri” itu masih menancap dalam dirinya. Demikian pula bani Korah ketika menyadari bahwa sekalipun situasi yang mereka hadapi membuat mereka down, di saat yang sama mereka tidak ingin terjebak pada emosi negatif. Mereka menyanyikan, “Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan mengapa engkau gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!” (Mazmur 42:6, 12; 43:5).

Baik Paulus dan bani Korah mengajar kita, bahwa jiwa dan perasaan kita perlu diajak untuk tidak larut dan menikmati kesedihan atau pesimisme. “Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, mengapa engkau gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah!” merupakan seruan langsung kepada diri sendiri, kepada jiwa kita agar tidak menyerah dan menjaga pengharapan kepada Tuhan. Sebab, kita percaya bahwa semua peristiwa yang terjadi ada dalam kendali Allah dan ada kebaikan yang Dia kerjakan di dalamnya (Mazmur 115:3; Yesaya 46:10; Matius 10:29-30; Roma 8:28). Tidak menyerah adalah kunci dalam situasi kritis seperti ini.

Mari kita tilik: Apa kelemahan kita yang sebenarnya itu justru memelihara iman kita tetap serius di hadapan Tuhan? Sering kali kita diberitahu bahwa kegagalan adalah “pengalaman belajar” dan itu adalah sesuatu yang harus dilewati, tetapi nyatanya itu tidak selalu menjawab pergumulan kita. Maka, saya mengusulkan agar kita berhenti menganggap kegagalan sebagai sesuatu yang harus “dilewati” seperti sesuatu yang dapat kita mudah taklukkan, tetapi melihatnya sebagai realitas kehidupan yang tak terhindarkan.

Oleh sebab itu, tidak apa jika kita meratap (Mazmur 13: 42-43). Tuhan tidak menjanjikan kita kesuksesan seumur hidup, tetapi Dia pasti menguatkan dan menunjukkan kekuatan-Nya melalui keterbatasan manusiawi kita. Bagi kita yang sedang down dalam hari-hari ini, kita diundang untuk bangkit (Roma 12:11), tidak pesimis, dan tetap setia melanjutkan pelayanan kita, seperti nasihat sabda Tuhan, Kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu!” (2 Timotius 4:5).

Kategori: Artikel

107 Komentar

cialis super active plus · Desember 29, 2023 pada 4:47 pm

cialis super active plus

cialis super active plus

Keyword · Januari 5, 2024 pada 11:56 pm

Keyword

Keyword

tadalafil tablets usp · Januari 6, 2024 pada 1:53 am

tadalafil tablets usp

tadalafil tablets usp

florida pharmacy oxycodone · Januari 6, 2024 pada 7:12 pm

florida pharmacy oxycodone

florida pharmacy oxycodone

safeway pharmacy online prescription refill · Januari 6, 2024 pada 11:45 pm

safeway pharmacy online prescription refill

safeway pharmacy online prescription refill

buy tadalafil 20mg · Januari 7, 2024 pada 3:44 pm

buy tadalafil 20mg

buy tadalafil 20mg

generic female viagra in india · Januari 7, 2024 pada 7:07 pm

generic female viagra in india

generic female viagra in india

poppers and cialis · Januari 7, 2024 pada 9:57 pm

poppers and cialis

poppers and cialis

female viagra pill where to buy · Januari 8, 2024 pada 12:55 am

female viagra pill where to buy

female viagra pill where to buy

cialis dosage · Januari 8, 2024 pada 6:25 pm

cialis dosage

cialis dosage

publix pharmacy hours · Januari 8, 2024 pada 6:42 pm

publix pharmacy hours

publix pharmacy hours

where to buy female viagra canada · Januari 9, 2024 pada 1:55 pm

where to buy female viagra canada

where to buy female viagra canada

viagra canada online · Januari 17, 2024 pada 3:53 am

viagra canada online

viagra canada online

where can you get viagra · Januari 18, 2024 pada 9:04 pm

where can you get viagra

where can you get viagra

generic sildenafil · Januari 19, 2024 pada 2:09 am

generic sildenafil

generic sildenafil

female viagra cost · Januari 19, 2024 pada 3:04 pm

female viagra cost

female viagra cost

where can i order generic viagra online · Januari 19, 2024 pada 11:12 pm

where can i order generic viagra online

where can i order generic viagra online

cialis tablets australia · Januari 20, 2024 pada 7:44 pm

cialis tablets australia

cialis tablets australia

cialis medication · Januari 21, 2024 pada 12:31 am

cialis medication

cialis medication

is cialis bad for you · Januari 21, 2024 pada 5:12 am

is cialis bad for you

is cialis bad for you

cialis 10mg ireland · Januari 21, 2024 pada 1:57 pm

cialis 10mg ireland

cialis 10mg ireland

sulfamethoxazole same as bactrim · Januari 23, 2024 pada 5:16 am

sulfamethoxazole same as bactrim

sulfamethoxazole same as bactrim

metronidazole crm · Januari 23, 2024 pada 6:53 am

metronidazole crm

metronidazole crm

amantadine gabapentin · Januari 23, 2024 pada 8:27 am

amantadine gabapentin

amantadine gabapentin

nolvadex skad · Januari 24, 2024 pada 4:41 am

nolvadex skad

nolvadex skad

valtrex copay · Januari 24, 2024 pada 4:54 am

valtrex copay

valtrex copay

lyrica vs celebrex · Januari 24, 2024 pada 6:02 am

lyrica vs celebrex

lyrica vs celebrex

furosemide mhra · Januari 24, 2024 pada 2:36 pm

furosemide mhra

furosemide mhra

lisinopril cravings · Januari 24, 2024 pada 4:12 pm

lisinopril cravings

lisinopril cravings

metformin coldness · Januari 24, 2024 pada 5:22 pm

metformin coldness

metformin coldness

kuinka nopeasti rybelsus vaikuttaa · Januari 25, 2024 pada 4:47 am

kuinka nopeasti rybelsus vaikuttaa

kuinka nopeasti rybelsus vaikuttaa

rybelsus online pharmacy · Januari 25, 2024 pada 6:16 am

rybelsus online pharmacy

rybelsus online pharmacy

rybelsus cost without insurance · Januari 25, 2024 pada 6:47 am

rybelsus cost without insurance

rybelsus cost without insurance

911 · Januari 28, 2024 pada 8:13 am

911

911

flagyl constipation · Februari 8, 2024 pada 10:28 pm

flagyl constipation

flagyl constipation

zoloft elderly · Februari 9, 2024 pada 4:30 am

zoloft elderly

zoloft elderly

cymbalta vs.lexapro · Februari 13, 2024 pada 9:16 pm

cymbalta vs.lexapro

cymbalta vs.lexapro

duloxetine and venlafaxine together · Februari 14, 2024 pada 4:59 am

duloxetine and venlafaxine together

duloxetine and venlafaxine together

how to get sildenafil prescription · Februari 15, 2024 pada 6:03 am

how to get sildenafil prescription

how to get sildenafil prescription

gabapentin prospect · Februari 16, 2024 pada 12:47 am

gabapentin prospect

gabapentin prospect

gabapentin and fluoxetine together · Februari 17, 2024 pada 10:28 am

gabapentin and fluoxetine together

gabapentin and fluoxetine together

side effects of keflex in elderly · Februari 17, 2024 pada 10:30 pm

side effects of keflex in elderly

side effects of keflex in elderly

effect of escitalopram on mental stress-induced myocardial ischemia: results of the remit trial. · Februari 19, 2024 pada 12:16 pm

effect of escitalopram on mental stress-induced myocardial ischemia: results of the remit trial.

effect of escitalopram on mental stress-induced myocardial ischemia: results of the remit trial.

cephalexin stomach pain · Februari 19, 2024 pada 5:48 pm

cephalexin stomach pain

cephalexin stomach pain

highest dosage of lexapro · Februari 21, 2024 pada 8:44 am

highest dosage of lexapro

highest dosage of lexapro

ciprofloxacin antibiotic · Februari 28, 2024 pada 8:29 pm

ciprofloxacin antibiotic

ciprofloxacin antibiotic

what cephalexin used for · Februari 28, 2024 pada 9:54 pm

what cephalexin used for

what cephalexin used for

bactrim pregnancy category · Februari 29, 2024 pada 4:53 am

bactrim pregnancy category

bactrim pregnancy category

is bactrim over the counter · Februari 29, 2024 pada 9:02 am

is bactrim over the counter

is bactrim over the counter

amoxicillin pediatric dosing · Maret 22, 2024 pada 7:03 pm

amoxicillin pediatric dosing

amoxicillin pediatric dosing

does depakote make you gain weight · Maret 23, 2024 pada 1:28 am

does depakote make you gain weight

does depakote make you gain weight

what is cozaar prescribed for · Maret 23, 2024 pada 4:13 am

what is cozaar prescribed for

what is cozaar prescribed for

why take diltiazem on empty stomach · Maret 23, 2024 pada 9:38 am

why take diltiazem on empty stomach

why take diltiazem on empty stomach

ezetimibe properties · Maret 23, 2024 pada 1:44 pm

ezetimibe properties

ezetimibe properties

does flexeril show up on drug test · Maret 23, 2024 pada 6:06 pm

does flexeril show up on drug test

does flexeril show up on drug test

what is flomax used for kidney stones · Maret 23, 2024 pada 6:52 pm

what is flomax used for kidney stones

what is flomax used for kidney stones

amoxicillin vs augmentin · Maret 23, 2024 pada 8:42 pm

amoxicillin vs augmentin

amoxicillin vs augmentin

is citalopram an maoi · Maret 23, 2024 pada 9:01 pm

is citalopram an maoi

is citalopram an maoi

contrave 60 comprimidos preço · Maret 23, 2024 pada 9:48 pm

contrave 60 comprimidos preço

contrave 60 comprimidos preço

ddavp and potassium · Maret 23, 2024 pada 10:12 pm

ddavp and potassium

ddavp and potassium

how does effexor work · Maret 23, 2024 pada 11:25 pm

how does effexor work

how does effexor work

diclofenac over the counter · Maret 24, 2024 pada 2:12 am

diclofenac over the counter

diclofenac over the counter

how much baby aspirin can i give my dog · Maret 25, 2024 pada 4:19 am

how much baby aspirin can i give my dog

how much baby aspirin can i give my dog

amitriptyline 10mg for pain · Maret 25, 2024 pada 4:32 am

amitriptyline 10mg for pain

amitriptyline 10mg for pain

allopurinol dosing for gout · Maret 25, 2024 pada 7:56 am

allopurinol dosing for gout

allopurinol dosing for gout

aripiprazole 2 mg · Maret 25, 2024 pada 9:10 am

aripiprazole 2 mg

aripiprazole 2 mg

celexa interactions · Maret 29, 2024 pada 3:06 am

celexa interactions

celexa interactions

baclofen recreational dose · Maret 29, 2024 pada 9:31 am

baclofen recreational dose

baclofen recreational dose

celecoxib 200 mg used for · Maret 29, 2024 pada 10:03 am

celecoxib 200 mg used for

celecoxib 200 mg used for

ashwagandha pregnancy · Maret 29, 2024 pada 11:42 am

ashwagandha pregnancy

ashwagandha pregnancy

is celebrex a narcotic · Maret 29, 2024 pada 12:00 pm

is celebrex a narcotic

is celebrex a narcotic

bupropion and naltrexone · Maret 29, 2024 pada 12:02 pm

bupropion and naltrexone

bupropion and naltrexone

is buspar a benzo · Maret 29, 2024 pada 4:28 pm

is buspar a benzo

is buspar a benzo

acarbose ki · April 14, 2024 pada 4:25 pm

acarbose ki

acarbose ki

protonix dosage 80 mg · April 14, 2024 pada 10:43 pm

protonix dosage 80 mg

protonix dosage 80 mg

does abilify make you gain weight · April 14, 2024 pada 10:58 pm

does abilify make you gain weight

does abilify make you gain weight

meccanismo di azione repaglinide · April 15, 2024 pada 3:32 pm

meccanismo di azione repaglinide

meccanismo di azione repaglinide

robaxin 1500 mg · April 15, 2024 pada 6:37 pm

robaxin 1500 mg

robaxin 1500 mg

actos uti · April 16, 2024 pada 12:57 am

actos uti

actos uti

semaglutide 20 units · April 16, 2024 pada 3:52 am

semaglutide 20 units

semaglutide 20 units

does remeron cause weight gain · April 16, 2024 pada 6:42 am

does remeron cause weight gain

does remeron cause weight gain

spironolactone 75 · April 20, 2024 pada 1:53 am

spironolactone 75

spironolactone 75

ivermectin india · April 20, 2024 pada 3:08 am

ivermectin india

ivermectin india

ubiquinol synthroid · April 20, 2024 pada 6:23 am

ubiquinol synthroid

ubiquinol synthroid

best time of day to take venlafaxine for hot flashes · April 21, 2024 pada 4:53 am

best time of day to take venlafaxine for hot flashes

best time of day to take venlafaxine for hot flashes

can i take sitagliptin and metformin together · April 21, 2024 pada 4:41 pm

can i take sitagliptin and metformin together

can i take sitagliptin and metformin together

is voltaren going to b available without a prescription · April 21, 2024 pada 7:20 pm

is voltaren going to b available without a prescription

is voltaren going to b available without a prescription

tizanidine pill · April 22, 2024 pada 2:05 pm

tizanidine pill

tizanidine pill

alternative für tamsulosin · April 23, 2024 pada 9:36 pm

alternative für tamsulosin

alternative für tamsulosin

"levitra ""thrones""" · Mei 13, 2024 pada 3:53 pm

“levitra “”thrones”””

“levitra “”thrones”””

daily tadalafil · Mei 13, 2024 pada 6:10 pm

daily tadalafil

daily tadalafil

generic lexapro online pharmacy · Mei 14, 2024 pada 2:51 am

generic lexapro online pharmacy

generic lexapro online pharmacy

g and e pharmacy edmonton store hours · Mei 14, 2024 pada 7:40 am

g and e pharmacy edmonton store hours

g and e pharmacy edmonton store hours

levitra pill · Mei 14, 2024 pada 11:28 am

levitra pill

levitra pill

sildenafil drug class · Mei 14, 2024 pada 11:36 am

sildenafil drug class

sildenafil drug class

sildenafil 50 mg price at walmart · Mei 14, 2024 pada 8:21 pm

sildenafil 50 mg price at walmart

sildenafil 50 mg price at walmart

where can i buy tadalafil · Mei 17, 2024 pada 5:48 pm

where can i buy tadalafil

where can i buy tadalafil

cialis viagra comparison · Mei 18, 2024 pada 3:51 am

cialis viagra comparison

cialis viagra comparison

aurochem tadalafil · Mei 18, 2024 pada 1:10 pm

aurochem tadalafil

aurochem tadalafil

stromectol 3 mg tablets price · Mei 18, 2024 pada 2:44 pm

stromectol 3 mg tablets price

stromectol 3 mg tablets price

ivermectin 8000 mcg · Mei 18, 2024 pada 2:54 pm

ivermectin 8000 mcg

ivermectin 8000 mcg

canadian viagra prescription · Mei 18, 2024 pada 3:59 pm

canadian viagra prescription

canadian viagra prescription

where to buy ivermectin pills · Mei 18, 2024 pada 6:38 pm

where to buy ivermectin pills

where to buy ivermectin pills

stromectol tablets for humans · Mei 18, 2024 pada 7:34 pm

stromectol tablets for humans

stromectol tablets for humans

vardenafil generico precio · Mei 19, 2024 pada 12:19 am

vardenafil generico precio

vardenafil generico precio

levitra reviews vardenafil · Mei 19, 2024 pada 12:56 am

levitra reviews vardenafil

levitra reviews vardenafil

stromectol 3 mg · Mei 19, 2024 pada 8:27 am

stromectol 3 mg

stromectol 3 mg

Komentar ditutup.